Tantangan dan Harapan Kabupaten Bungo 2022 (Bagian I)

Tantangan dan Harapan Kabupaten Bungo 2022 (Bagian I)
Plt Kepala BPS Kabupaten Bungo, Muji Lestari SE, MA

Oleh : Muji Lestari, SE, MA

Plt. Kepala BPS Kabupaten Bungo

KUTIPAN Sidharta Gautama sangat tepat untuk mengawali tahun 2022: “No matter how hard the past, we can always begin again.”

Tahun 2021 sudah lewat dan tahun 2022 telah tiba. Tahun 2021 ádalah tahun penuh perjuangan berat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Tahun 2022 akan menjadi tahun penuh tantangan dan harapan bagi Kabupaten Bungo. Harapan agar Bungo segera pulih dan bangkit kembali menjadi lebih baik (build back better).

Harapan hanya dapat terwujud dengan mengenali dan mengatasi tantangan secara tepat dan akurat. Tulisan singkat ini memetakan tantangan yang harus dihadapi dan sekaligus harapan percepatan pemulihan Kabupaten Bungo pada tahun 2022.

Tantangan Bungo Tahun 2022

Perkembangan kinerja Kabupaten Bungo selama lima tahun terakhir menunjukkan fluktuasi akibat disrupsi atau gangguan pandemi Covid-19.

Keberhasilan pengendalian kasus pandemi Covid-19 sudah semestinya tidak hanya mengandalkan pada peran Pemerintah Daerah, tetapi juga sikap disiplin masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih, sehat, aman dan produktif. Sikap disiplin masyarakat merupakan buah dari pengetahuan dan pemahaman yang kuat kemudian menjadi kebiasaan hidup yang terpola dengan baik.

Tantangan tahun 2022 dalam pengendalian pandemi Covid-19 adalah kerjasama dan kemitraan yang solid antara Pemerintah Daerah; tokoh masyarakat, agama, perempuan dan lainnya; perguruan tinggi dan lembaga pendidikan; serta media.

Peran Pemerintah Daerah sangat penting untuk melakukan kampanye penerapan protokol kesehatan dan menyediakan fasilitas kesehatan. Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh lainnya mempunyai andil dalam memberikan penyadaran dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup bersih, sehat dan aman.

Perguruan tinggi dan lembaga pendidikan menjadi pendorong perubahan cara berpikir (mind set) para mahasiswa, dan  menjadi pusat penelitian unggulan. Warga masyarakat menjadi pelaku utama dalam menerapkan pola hidup bersih, sehat dan aman secara sadar dan mandiri. Dukungan media sangat penting dalam menyebarkan informasi dan pengetahuan tentang pentingnya pengendalian pandemi Covid-19 dan sikap disiplin masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih, sehat dan aman.

Dari sisi ekonomi, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bungo selama lima tahun terakhir cenderung menurun. Laju pertumbuhan ekonomi mencapai 5, 39 persen tahun 2016 kemudian meningkat menjadi 5, 68 persen pada tahun 2017.

Selanjutnya pertumbuhan ekonomi melambat menjadi 4, 65 persen pada tahun 2018, 4, 25 persen pada tahun 2019 dan turun hingga minus 0, 40 persen pada tahun 2020. Pertumbuhan ekonomi tahun 2021 diperkirakan akan membaik sejalan dengan keberhasilan pengendalian pandemi Covid-19 dan meningkatnya harga komoditas sawit dan batubara. (BERSAMBUNG)

solmi

solmi

Previous Article

Gubernur Jambi: Mari Kita Selamatkan Sungai...

Next Article

Tantangan dan Harapan Kabupaten Bungo 2022...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 203

Postingan Tahun ini: 203

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 146

Postingan Tahun ini: 146

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 134

Postingan Tahun ini: 134

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 118

Postingan Tahun ini: 118

Registered: Jul 10, 2020

Profle

Zulfahmi

NasDem Peduli, Paris Yasir Beri Santunan kepada Korban yang Terdampak Angin Puting Beliung
Akibat Pengoperasian AGS Timbulkan Kemacetan, Direktur  Pelabuhan Klarifikasi
Pisah Sambut Polresta Batam, Rudi: Terimakasih Kombes Pol Guntur, Selamat Datang Kombes Pol Nugroho
Kongkalinkong  Pengurusan Documen PT.MBS di  Bea Cukai Batam Tipe B

Follow Us

Recommended Posts

Mendes PDTT: Kestabilan Harga Pangan Percepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs)
Menkominfo Adopsi Teknologi Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital
Mobilisasi Masyarakat Agar Lakukan Vaksin, Jajaran Polsek Kayu Aro Setiap Hari Turun ke Desa - Desa
Minus 12 Jam, Tim Resmob Polda Jambi Berhasil Bekuk Pelaku Pembunuhan di Angso Duo
Kapolda Jambi Senang Hati, Vaksinasi Dosis I Kerinci Tembus 70 Persen